Breaking News

Budi daya Jamur Tiram

PUPUK ORGANIK NASA UNTUK JAMUR TIRAM


Jual Pupuk Organik Nasa untuk Jamur Tiram. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang cukup populer di tengah masyarakat Indonesia. Jamur tiram adalah jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur kayu lainnya. Jamur tiram mengandung protein, lemak, fospor, besi, thiamin dan riboflavin lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur lain.

Nama latin jamur tiram adalah Pleurotus ostreatus. Disebut jamur tiram karena bentuk tajuknya menyerupai kulit tiram. Berwarna putih berbentuk setengah lingkaran. Di alam bebas, jamur tiram putih biasa ditemukan pada batang-batang kayu yang sudah lapuk. Mungkin karena itu, jamur tiram sering disebut jamur kayu.

Budidaya jamur tiram memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam proses budidayanya sehingga dapat dikelola sebagai usaha sampingan ataupun usaha ekonomis skala kecil, menengah dan besar (Industri).

Jika anda tertarik menekuni usaha budidaya jamur tiram ini, hal penting yang harus dipenuhi adalah menciptakan dan menjaga kondisi lingkungan pemeliharaan (cultivation) yang memenuhi syarat pertumbuhan jamur tiram. Hal lain yang penting adalah menjaga lingkungan pertumbuhan jamur tiram terbebas dari mikroba atau tumbuhan pengganggu lainnya.

Tidak jarang pembudidaya jamur tiram mendapati baglog (kantong untuk media jamur tiram) ditumbuhi tumbuhan lain selain jamur tiram, hal ini disebabkan proses sterilisasi yang kurang baik dan lingkungan yang tidak kondusif.

Bagi pembudidaya baru, biasanya memulai kegiatan budidaya dengan menumbuhkan baglog menjadi daging buah. Sementara pengadaan, baglog yang siap tumbuh didapat dengan membeli dari pihak lain. Kemudian setelah usaha budidayanya berkembang dan volumenya banyak, baru mencoba membuat baglog sendiri.

Untuk mengatasi kendala-kendala di atas PT. Natural Nusantara berusaha mewujudkan harapan bersama tersebut dengan paket panduan teknis dan produk tanpa melupakan Aspek K-3 yaitu kuantitas, kualitas dan kelestarian lingkungan.


 Pupuk Organik Nasa Untuk Jamur Tiram

Keuntungan dari penggunaan pupuk organik adalah tanaman yang dihasilkan lebih baik tanpa adanya residu bahan kimia yang berbahaya dan lingkungan sekitar. Dengan demikian pencemaran lingkungan baik air, udara, maupun tanah oleh paparan pestisida bisa dikurangi.

Selain itu, penggunaan bahan organik juga dapat mengembalikan kesuburan tanah, sehingga tanah bisa digunakan untuk proses budidaya pertanian berkelanjutan. Berikut produk organik yang di produksi PT Natural Nusantara untuk budidaya Jamur Tiram:

    POC NASA
    Hormon Organik (HORMONIK)

Hasil Menggunakan Produk Nasa
Aplikasi Produk Organik Nasa Untuk Jamur Tiram

Berikut cara penggunaan produk Nasa untuk perawatan dan pemupukan jamur tiram :

    Sebelum baglog disusun, buka terlebih dahulu cincin dan kertas penutup baglog. Kemudian diamkan kurang lebih 5 hari. Bila lantai terbuat dari tanah lakukan penyiraman untuk menambah kelembaban.
    Setelah itu, potong ujung baglog untuk memberikan ruang pertumbuhan lebih lebar. Biarkan selama 3 hari jangan dulu disiram. Penyiraman cukup pada lantai saja.
    Lakukan penyiraman dengan sprayer. Penyiraman sebaiknya membentuk kabut, bukan tetesan-tetesan air. Semakin sempurna pengabutan semakin baik. Frekuensi penyiraman 2-3 kali sehari, tergantung suhu dan kelembaban kumbung. Jaga suhu pada kisaran 16-24oC.

Dosis Penggunaan Pupuk NASA untuk Jamur Tiram

    500 cc POC Nasa ditambah 100 cc Hormonik campurkan dalam 10 liter air.
    Suntikkan 10 ml setiap baglog interval 1 minggu sekali.

Perbedaan Sebelum dan Sesudah Menggunakan Produk Nasa
Sebelum
Sesudah
Masa panen 30-35 hari

28 hari sudah panen

Panen 6x

bisa 8x panen

Berat kurang dari 1 ons

berat lebih dari 1 ons

2500 baglog hasil kurang dari 3 ton

2500 baglog bisa menghasilkan lebih dari 3.7 ton

No comments